Development of an Android-based Islamic Religious Education Subject Assessment Instrument at SMA Negeri 1 Pabuaran District. attack

Authors

  • Lailatul Qodariah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten Author
  • Hasbullah Hasbullah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten Author

Abstract

This study defelopment Instrument Asessment on Subjects Islamic Education Android Based at SMA Negeri 1 Pabauaran Kab. Serang. The Beground of this strategy in the learning very monotonous so that sudents get bored easily in learning and question filling, in the learning no making Aplication education android based at school so that need to be teacher creativity in making interesting questions for students. The purpose of this study to develop Instrument asessment Android based, and to fint out the result of tasting an Android based asessment instrument for student. The research was conducted at SMA Negeri 1 Pabuaran, Kab. Serang. The research method uses research and defelopment with a 4-D Model, namely the strages of defining the design defelopment and dissemination. The results showed that the product development result met the eligibility criteria with an average percentage of 95% from the result material validation expert in the category (very good), and obtained percentage average of 81,8% from the expert media validation result in the category (very good). Obten percentage of 95% of the result assessment students to Instrument Asessment Android Based so that it is included in the “very proper” for implemented.

References

Alim, Muhamad. Pendidikan Agama Islam, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2011

Ahmad Jaka. https://marioyosefkabosu.wordpress.com/2016/12/21/posblog pertama/amp/ di akses pada 10 Januari 2021 jam 22.44 WIB. 2019.

Ambiyar dan Panyahuti. Assesmen Pembelajaran Berbasis Komputer dan Android. Jakarta: kencana. 2020.

Arifin. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: PT Bumi Aksara. 2003.

Asrul, dkk. Evaluasi Pembelajaran. Medan: Citapustaka Media. 2014.

Baharudin. Pendidikan dan Psikologi Perkembangan. Jogjakarta : AR-RUZZ MEDIA. 2009.

Betti Damehutaruk, dkk. Analisis dan Perancangan Aplikasi Marketplace cinderamata khas batak berbasis android. Jurnal Methodika. 3(1): 8. 2017.

Jannah, Mifatahul dan Aminatul Husna. “Pembuatan Aplikasi Android dengan cepat menggunakan iSpring untuk menunjang pembelajaran secara daring”, Jurnal Pendidikan, Vol. I, No II. 2020.

Kementrian Agama Republik Indonesia Qur’an Ar-Rahim Hafalan dan Terjemah. Bandung: CV Mikraj Khazanah Ilmu. 2014.

Kurniawan, Asep. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2018. Lalu Hasan Ashari, dkk. Instrumen Penilaian untuk kerja siswa SMP Kelas VIII dengan model

Peer Assesment Berbasis Android pada PembelaharanPenjasorkes dalam Permaianan Bola Voli. Jurnal Unnes. 10. 2016.

Mahmud. Modul Pengembangan Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Agama Islam. 2010.

Majid, Abdul. Penilaian Autentik Proses dan Hasil Belajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.2014.

Majid, Abdul. dan Andayani, Dian. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi.Bandung:PT. Remaja Rosdakarya. 2006.

Modul Pengembangan Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah. Jakarta: Kementrian Agama RI.2017.

Mumu, Muhamad dan Dian Rahadian. “Penggunaan Digital Book berbasis Android untuk meningkatkan motivasi dan keterampilan membaca pada Pelajaran Bahasa Arab”, Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. II, No 5.

Muslich, Mansur. Penilaian Berbasis Kelas dan Kompetensi. Malang: PT Refika Aditama. 2010. Nasih, Ahmad Munjin dan Lilik Nur Kholidah. Metode dan Teknik Pendidikan Agama Islam.Bandung, PT Refika Aditama. 2009.

Novitasari https://bootup.ai/blog/apa-itu-android-pengertian-kelebihan/, diakses pada minggu 15 November 2020 pukul 21.33 WIB. 2018.

Nuraini, Imam dan sutama. “Jurnal Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Power Point iSpring Suite 9 di Sekolah Dasar”. Jurnal Varadika, Vol. XXXI, No 2. 2019.

Purwanto. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: PUSTAKA BELAJAR. 2009.

Setyosari, Punaji. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana. 2010. Stefanus Rodrick Juraman. Pemanfaatan Smartphone Android oleh Mahasiswa Ilmu Komunikasi dalam mengakses Informasi Edukatif . 3(1): 2. 2014.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung: Alfabeta. 2014.

Sugiyono. Metode Penelitin Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2017. Sugiono. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2019. Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. 2019.

Sujana, Nana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.2009.

Sukardi. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara. 2003.

Sulaiman, Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Banda Aceh: Yayasan Pena. 2017.

Supardi dan Darwyan Syah. Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Diadit Media. 2009. Supardi. Penilaian Autentik. Jakarta: RajaGrafindo Persada. 2015.

Supriadie, Didi. dan Deni Darmawan. Komunikasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2012.

Syaodih, Nana. Metodologi Penelitian Pendidikan. UPI: PT Remaja Rosdakarya. 2011. Tegeh,Made, dkk. Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu. 2004.

Verawati dan Enny Comalasari. Pemanfaatan Android dalam Dunia Pendidikan. Prosiding SeminarNasional Pendidikan Pascasarjana Universitas PGRI Palembang. 620. 2019.

Widiyanto, Joko. Evaluasi Pembelajaran (seuai dengan kurikulum 2013). Madiun: Unipma Press. 2018.

Yuniasih, Nury dan Ririn Nur Aini. 2018. “Pengembangan Media Interaktif berbasis iSpring Materi Sistem Pencernaan Manusia kelas V di SDN Ciptomulyo 3 Kota Malang”, Vol VIII, No 2. Agustus 2018.

Downloads

Published

2023-11-23

Issue

Section

Articles